Sumber dari www.elhooda.net
Kitab Shofwatuz Zubad (صفوة الزبد) merupakan sebuah kitab fiqih asy-Syafi’iyyah yang berbentuk nadzom atau syair-syair yang terdiri dari seribu bait lebih. Berisikan himpunan ajaran-ajaran pilihan dari berbagai kitab yang ada yang dikumpulkan dari berbagai pandangan ulama. Kitab ini banyak diajarkan di pondok-pondok pesantren salafiyyah dan dikenal sebagai kitab Alfiyah Zubad Ibnu Ruslan dikarenakan ada seribuan bait nadzom syair di dalamnya.

Ibnu Ruslan sendiri adalan nama sang penyusun kitab Shofwatuz Zubad. Nama lengkap beliau al-Imam Syihabuddin Abul ‘Abbas Ahmad bin Husain bin Hasan bin ‘Ali Ibnu Ruslan asy-Syafi’i (w 844 H). Beliau lahir di Ramallah Palestina, tinggal di Baitul Maqdis Palestina dan wafat di Baitul Maqdis Palestina.

Kitab Zubad memang terkenal sebagai kitab Fiqih, akan tetapi di dalamnya juga mengandung materi bab Tauhid dan Tasawuf. Secara umum kitab Zubad dapat kita bagi menjadi 3 bagian, yakni bagian bab Aqidah/ Tauhid (al-Muqaddimah fi ‘Ilm al-Ushul) di bagian awal, bab Fiqih asy-Syafi’iyyah di bagian tengah, dan bab Tasawuf (al-Khatimah fi ‘Ilm al-Tashawwuf) di bagian akhir kitab. Sehingga kalau kita mempelajari kitab Zubad maka lengkap dan sempurnalah ilmu yang kita pelajari karena dalam satu kitab itu sudah mencakup semua materi dasar yang mesti diketahui sebagai umat Islam, yaitu Aqidah, Fiqih, dan Tasawuf.

mp3 Kajian Pertama Kitab Zubad dan Videonya di sini

mp3 Kajian Kedua Kitab Zubad dan Videonya di sini

mp3 Kajian Ketiga Kitab Zubad dan Videonya di sini

Jika ada link yang rusak mohon untuk dilaporkan lewat komentar atau kontak kami. Terima kasih
EmoticonEmoticon