PMK Nomor 168/PMK.05/2015 Tahun 2015 - Anggaran Bantuan Pemerintah pada Kementerian Lembaga.

Nama Peraturan: Peraturan Menteri Keuangan (PMK)

Nomor: 168/PMK.05/2015 Tahun 2015

Mengatur Tentang: Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah pada Kementerian/Lembaga

Tanggal Ditandatangani: 3 September 2015.

Tanggal Berlaku: Sejak 7 September 2015.

PMK No 168 Tahun 2015

PMK Nomor 168 Tahun 2015


Bantuan Pemerintah adalah bantuan yang tidak memenuhi kriteria bantuan sosial yang diberikan oleh Pemerintah kepada perseorangan, kelompok masyarakat atau lembaga pemerintah/non pemerintah.

Anggaran Bantuan Pemerintah meliputi:
  1. Pemberian penghargaan;
  2. Beasiswa;
  3. Tunjangan profesi guru dan tunjangan lainnya;
  4. Bantuan operasional;
  5. Bantuan sarana/prasarana;
  6. Bantuan rehabilitasi/pembangunan gedung/bangunan; dan
  7. Bantuan lainnya yang memiliki karakteristik Bantuan Pemerintah yang ditetapkan oleh PA.
Bantuan Pemerintah dalam bentuk pemberian penghargaan, beasiswa, dan bantuan operasional dialokasikan pada Kelompok Akun Belanja Barang Non Operasional.

Bantuan Pemerintah dalam bentuk tunjangan profesi guru dan tunjangan lainnya dialokasikan pada Kelompok Akun Belanja Gaji dan Tunjangan Pegawai Non PNS.

Bantuan Pemerintah dalam bentuk bantuan sarana/prasarana dan bantuan rehabilitasi/pembangunan gedung/bangunan dialokasikan pada Kelompok Akun Belanja Barang Untuk Diserahkan Kepada Masyarakat/Pemda.

Bantuan Pemerintah dalam bentuk bantuan lainnya yang memiliki karakteristik Bantuan Pemerintah yang  ditetapkan oleh PA dialokasikan pada Kelompok Akun Belanja Barang Lainnya Untuk Diserahkan Kepada Masyarakat/ Pemda.

Bantuan Pemerintah berupa pemberian penghargaan kepada penerima penghargaan sebagaimana diberikan dalam bentuk:
  • uang;
  • barang; dan/atau
  • Jasa.
Bantuan Pemerintah berupa beasiswa diberikan kepada penerima beasiswa yang bukan PNS untuk pendidikan di dalam negeri atau di luar negeri.

Bantuan Pemerintah berupa tunjangan profesi guru dan tunjangan lainnya diberikan kepada guru atau penerima tunjangan lainnya yang bukan PNS.

Bantuan Pemerintah berupa bantuan operasional diberikan kepada Kelompok Masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat, Lembaga Pendidikan, Lembaga Keagamaan, dan Lembaga Kesehatan.

Bantuan Pemerintah berupa bantuan sarana/prasarana diberikan kepada Kelompok Masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat, Lembaga Pendidikan, Lembaga Keagamaan, dan Lembaga Kesehatan.

Bantuan Pemerintah berupa bantuan rehabilitasi dan/atau pembangunan gedung/bangunan diberikan kepada Lembaga Pemerintah atau lembaga Nonpemerintah.

Bantuan lainnya yang memiliki karakteristik Bantuan Pemerintah yang ditetapkan oleh PA adalah bantuan dalam bentuk uang atau barang dan/atau jasa yang tidak termasuk dalam Bantuan Pemerintah ditetapkan oleh PA.

Selengkapnya silakan Download PMK No 168 Tahun 2015

2 komentar

Jika ada link yang rusak mohon untuk dilaporkan lewat komentar atau kontak kami. Terima kasih
EmoticonEmoticon