Tanggal 9 Desember 2015 dijadikan Hari Libur Nasional dengan diterbitkannnya Keppres Nomor 25 Tahun 2015 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2015 sebagai hari libur nasional.

Keputusan Presiden RI Nomor 25 Tahun 2015 ditetapkan oleh Presiden RI pada tanggal 23 November 2015 dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

keppres 15 2015


Penetapan hari libur nasional dalam rangka Pilgub dan Wagub, Pilbup dan Wabup serta Pilwakot dan Wakil Walikota secara serentak dilaksanakan guna memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya.

Isi Keppres No 25 Tahun 2015


Hari Libur Nasional Pilkada Serentak


Sesuai dengan amanat Undang-undang bahwa pemungutan suara dilakukan pada hari libur atau pada hari yang diliburkan. Sedangkan KPU telah menetapkan bahwa pilkada serentak dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2015 yang bukan merupakan hari libur.

Oleh karena itu, untuk memenuhi amanat UU, maka ditetapkanlah Keppres No 25 Tahun 2015 tentang Hari Libur Nasional Pilkada serentak, agar tanggal 9 Desember 2015 menjadi hari yang diliburkan dan dapat memberikan keleluasaan warga negara untuk memilih.

Keputusan untuk memutuskan hari libur nasional ini menurut saya sangat tepat. Jika hari libur tidak ditetapkan secara nasional, maka bisa saja membatasi kebebasan warga negara untuk memilih.

Misalkan saja Yusril tinggal di daerah A, yang mana daerah A menyelenggarakan pilkada. Sedangkan dia bekerja di daerah B yang tidak menyelenggarakan pilkada.

Jika hari libur hanya berlaku pada daerah yang menyelenggarakan pilkada (Daerah A), maka Yusril akan terbatasi pilihannya, apakah mau berpartisipasi dalam pilkada atau kerja di daerah B tapi kehilangan haknya.

Penetapan hari libur nasional ini sangat memudahkan bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya.

Surat Menpan RB No 3824 Tahun 2015


Surat Menpan Nomor B/3824/M.PAN-RB/11/2015 tentang Pelaksanaan Hari Libur Nasional tanggal 9 Desember 2015 dalam rangka Pilkada Serentak. Silakan Download Surat Menpan Nomor B/3824/M.PAN-RB/11/2015.

Silakan Download Keppres No 25 Tahun 2015.

18 komentar

apakah hari libur nasional itu hanya untuk yang daerahnya mengikuti PILKADA saja ?

hari libur nasional, berlaku untuk nasional, seluruh daerah baik ikut pilkada maupun tidak ada pilkada semua libur

itu sudah sah??
pak jokowi sma pak M. Rokib belum tanda tangan...

sudah sah. itu salinan makanya tidak ada ttd pak Jokowi. Resmi tanggal 9 Des Libur nasional

bgmana bila ada perusahaan yg tdk meliburkan karyawan nya?

kalo ada perusahaan yg tidak meliburkan karyawan nya bgmna?

bisa dibaca di PP 78 Tahun 2015 pak

Jika ada perusahaan yang tidak mematuhi keppres tersebut bisa dilaporkan kemana?

untuk melaporkan kemana, di Keppres tersebut tidak diatur. Mungkin bisa dilaporkan ke Kementerian Tenaga Kerja. Yang Jelas jika pekerja tetap bekerja di hari tersebut, maka pekerja tersebut berhak atas uang lembur sesuai pasal 33 PP 78 Tahun 2015

Untuk aturan pelayanan di rumah sakit bagaimana?

ada di surat Menpan di atas, untuk pelayanan publik agar disesuaikan.

Kalau tetap memperkerjakan karyawannya, tetapi tidak membayar yang lembur?

melanggar PP 78 2015, pekerja bisa menuntuk untuk dibayarkan uang lembur

Tapi kalau pengusaha tidak mau membayar lembur, disamakan seperti hari kerja biasa, dan yg tidak hadir di anggap absen gmn?

waduh pengusahanya nakal bener yaa

Coba dilaporkan ke Dinas Tenaga Kerja gan.

Ok lah kalo gitu terima kasih banyak atas jawabannya

Jika ada link yang rusak mohon untuk dilaporkan lewat komentar atau kontak kami. Terima kasih
EmoticonEmoticon