Update Aplikasi Persediaan Versi 15.1.2 tanggal 29 Oktober 2015. Penerapan akuntansi berbasis akrual tahun 2015 belum berjalan sempurna. Perbaikan Aplikasi terutama Aplikasi SIMAK BMN, Aplikasi Persediaan dan Aplikasi SAIBA masih perlu dilakukan karena sering munculnya ketidaksinkronan dan perbedaan data.

update persediaan 15.1.2


Tanggal 29 Oktober 2015 telah dirilis kembali Update Aplikasi Persediaan Versi 15.1.2 dan juga Update SIMAK BMN Versi 15.1.3.

Seperti biasa, sebelum update Aplikasi Persediaan 15.1.2, penting untuk memperhatikan hal-hal ini terlebih dahulu:

exe Update Aplikasi Persediaan Versi 15.1.2


1. Perbaikan transaksi persediaan masuk untuk pembelian 



Pada versi sebelumnya dapat melakukan perekaman desimal (nilai persediaan tidak bulat). Pada Aplikasi Persediaan versi 15.1.2 nilai persediaan harus bulat (tanpa koma).

Dalam hal terdapat persediaan dengan nilai tidak bulat, lakukan perekaman dengan membedakan nilainya.

Misal: harga pembelian 1 kotak stabilo (isi 3 buah) adalah Rp10.000,00. Nilai perolehan 1 buah stabilo adalah Rp3.333,33.

Ketika melakukan perekaman pada Aplikasi Persediaan, lakukan perekaman pembelian 2 buah stabilo dengan harga satuan Rp3.333,00 dan 1 buah stabilo dengan harga Rp3.334,00. dengan demikian, jurnal kirim dari Aplikasi Persediaan ke SIMAK-BMN dan SAIBA adalah senilai Rp10.000,00, sesuai dengan nilai SP2D.

Dampak dari perlakuan di atas: beban persediaan dihitung berdasarkan harga perolehan terakhir atas stabilo tersebut, yaitu Rp3.334,00.

Untuk kasus di atas yang telah terjadi pada periode sebelumnya, selisih nilai perolehan persediaan yang tidak material antara Aplikasi Persediaan dengan SAIBA yang diakibatkan oleh pembulatan dapat diselesaikan dengan melakukan penyesuain di Aplikasi SAIBA, dengan mengacu kepada nilai persediaan di Aplikasi Persediaan.

2. Perbaikan tampilan jurnal kirim 



Perbaikan selanjutnya adalah tampilan jurnal kirim Aplikasi Persediaan 15.1.2 ke SIMAK-BMN dengan grouping per transaksi dan per akun.

3. Perubahan Uraian Transaksi



Perubahan uraian Transaksi >> Persediaan Keluar: “Penyerahan kepada Masyarakat/Pemda” menjadi “Penyerahan/Dijual kepada Masyarakat/Pemda”.

4. Pembukaan Menu Pengiriman Saldo Awal ke SIMAK-BMN



Pembukaan menu Utility >> Pengiriman Saldo Awal ke SIMAK-BMN, untuk mengakomodasi restore SIMAK-BMN 15.1.2 yang tidak mencakup saldo persediaan.

Bagi satker yang pernah melakukan backup dan restore SIMAK-BMN versi 15.1.2 dan mengalami kehilangan data persediaan, agar melakukan pengiriman data saldo awal dan data tahun berjalan dari Aplikasi Persediaan ke SIMAK-BMN.

Silakan Download Update Aplikasi Persediaan 15.1.2.

Jika ada link yang rusak mohon untuk dilaporkan lewat komentar atau kontak kami. Terima kasih
EmoticonEmoticon