Download Kitab Kifayatul Akhyar Syarah Kitab Taqrib. Download Kitab Kifayatul Akhyar bentuk Pdf. Kitab Kifayatul Akhyar merupakan sebuah kitab fiqh yang cukup terkenal dalam mazhab al-Syafi’i. Kitab tersebut disusun oleh Syeikh al-Imam Taqiyuddin Abu Bakr bin Muhammad al-Husaini al-Hishni al-Dimasyqi al-Syafi’i.

Beliau merupakan seorang ulama mazhab al-Syafi’i yang lahir sekitar abad ke 9 Hijriyah.

Nama lengkap kitab ini ialah Kifayatul Akhyar fi Hall Ghayah al Ikhtishar. Biasanya ia disebut dengan Kifayatul Akhyar saja.

kitab kifayatul akhyar

Kitab Kifayatul Akhyar merupakan syarah dari Kitab Ghayah al-Taqrib atau terkenal sebagai Matan Abu Syuja’.

Kitab Kifayatul Akhyar ini adalah kitab fiqh yang cukup ringkas namun sangat detil dalam menerangkan hukum-hukum fiqh seperti bersuci, shalat, puasa, zakat, haji, wasiat, waris, perkawinan, dan lain sebagainya. Di dalamnya juga dilengkapi dengan dalil-dalil yang menjadi dasar hukum dari tajuk pembahasan tersebut.

Karena kedalaman dan keluasan pembahasan yang diungkapkan dalam Kitab Kifaytul Akhyar ini, para ulama dan intelektual muslim berusaha menterjemahkannya ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia, Malaysia, Thailand, Inggris, Perancis, dan lainnya.

Sesuai dengan namanya Kifaytul Akhyar,  Syeikh al-Imam Taqiiyuddin Abu Bakr menginginkan kitab ini menjadi pilihan utama dan terbaik dalam pembahasan masalah-masalah fiqh, terutama dalam mazhab Syafi’i.

Syeikh Taqiyuddin mengharapkan, umat Islam yang mempelajari kitabnya ini, agar secara giat menekuni dan mendalami ilmu fikih. Menurutnya, mereka yang serius menekuni ilmu fiqh dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT, niscaya ia telah meretas sebuah jalan menuju surga.

Hal itu diungkapkannya dalam pembukaan (muqaddimah) dari Kitab Kifaytul Akhyar.
'Faidza kana al-fiqh bihadza al-martabah al-syarifah wa al-mazaya al-munifah, kana al-ihtimam bihi fi al-darajah al-ula. Wa sharf al-auqat al-nafsiyyah bal kull al-'umr fihi aula. Lianna sabilahu sabil al-jannah.'

''Karena memiliki martabat mulia dan keunggulan yang luhur ini, maka menekuni ilmu fiqh menjadi prioritas utama. Bahkan akan lebih baik jika seseorang menekuninya sepanjang hayat. Sebab, menekuni fiqh adalah meretas jalan surga,''.

Sistematik Pembahasan Kitab Kifaytul Akhyar

Kitab Kifaytul Akhyar di antara kitab yang cukup rinci dan detil dalam menerangkan satu topik pembahasan.

Kitab Kifaytul Akhyar disusun dengan sistematika yang sangat baik, sebagaimana kitab-kitab fiqh lainnya. Berdasarkan beberapa buah cetakan 'Arabnya, kitab ini dibahagikan kepada dua juz, dalam satu buku.

Juz pertama, pengarang memulai pembahasannya tentang bersuci (thaharah) sebanyak 17 fasal, lalu dilanjutkan dengan bab shalat (16 fasal), zakat (15 fasal), puasa (7 fasal), haji (5 fasal), dan bab jual beli (23 fasal).

Setiap bahasan  diawali dengan penjelasan maksud atau definisi bagi setiap bab perbahasannya, kemudian dilanjutkan dengan berbagai penjelasan bagi setiap fasal.

Sementara itu, dalam bagian kedua, pengarang menjelaskan tentang masalah Luqathah, waris (faraid) dan wasiat, bab nikah, jinayat (jenayah), hudud, jihad, peradilan, dan lainnya. Semuanya diterangkan secara jelas.

Baiklah silakan langsung saja Download Kitab Kifayatul Akhyar dalam ukuran 15 MB untuk memperdalam pengetahuan agama anda di bidang Fiqih Madzhab Imam Syafi'i mudah-mudahan bermanfaat.

Jika ada link yang rusak mohon untuk dilaporkan lewat komentar atau kontak kami. Terima kasih
EmoticonEmoticon